Jakarta l Badilag.net

Ditjen Badilag akan menyelenggarakan Fit and Proper Test Calon Wakil Ketua Pengadilan Agama Kelas IB selama dua hari, Selasa-Rabu (14-15/4/2015), di lantai 12 Gedung Sekretariat Mahkamah Agung, Jakarta Pusat.

Uji kelayakan dan kepatutan kali ini akan diikuti 51 orang. Mereka terdiri dari 29 hakim PA Kelas IA dan 22 Ketua PA Kelas II.

Sepuluh orang di antara mereka merupakan hakim madya utama (IV/c) dan 41 lainnya adalah hakim madya muda (IV/B).

Dari segi jenis kelamin, mereka terdiri dari 41 laki-laki dan 10 perempuan. Satu orang berpendidikan S-3, 38 orang lulusan S-2 dan 12 lainnya tamatan S-1.

Sebanyak 28 orang di antara mereka kini bertugas di pulau Jawa dan 23 orang berdinas di luar Jawa. Peserta terbanyak berasal dari PA-PA di wilayah DKI Jakarta, yaitu 9 orang.

Pada Senin pagi hingga siang ini, mereka melakukan registrasi, dengan membawa persyaratan yang diperlukan.

Mereka harus membawa surat tugas, curriculum vitae, pas foto, surat keterangan sehat, tanda terima LHKPN dan surat pernyataan tidak menggunakan biaya dinas ketika mengikuti fit and proper test. Di samping itu, mereka dianjurkan membawa surat rekomendasi dari Badan Pengawasan.

Selasa besok, yang menjalani ujian adalah para peserta berstatus hakim PA Kelas IA. Rabu lusa, giliran para peserta berstatus Ketua PA Kelas II yang melakoni ujian. Mereka akan dibagi menjadi 20 kelompok. Satu kelompok terdiri dari tiga atau dua orang.

Direktur Pembinaan Tenaga Teknis Peradilan Agama Ditjen Badilag Dr. H. M. Fauzan, S.H., M.H., M.M. mengatakan bahwa pihaknya telah mempersiapkan agenda penting ini dengan baik.

Selain membentuk panitia pelaksana dan menyiapkan tempat serta jadwal acara, DitbinGanis Badilag juga siap menghadirkan Tim Penguji yang seluruhnya berjumlah orang.

Tidak hanya itu, DitbinGanis Badilag juga akan secepatnya mempublikasikan hasil fit and proper test. “Hasilnya nanti langsung diplenokan pada malam hari dan diumumkan,” ujar M. Fauzan.

Pengumuman yang nanti tayang di Badilag.net bukan saja berisi nama dan jabatan, tapi juga skor yang didapatkan.

“Yang akan kita umumkan yang lulus saja. Kita akan ambil sepertiga dari total peserta,” M. Fauzan membeberkan.

Kepada Badilag.net, seorang hakim mengaku cukup deg-degan menghadapi fit and proper test besok. “Walaupun sudah belajar, tapi kan nanti suasananya lain. Ya, kita berdoa saja. Mudah-mudahan semuanya lancar,” ujarnya.

[hermansyah]

 

Badilag, Hakim, Ketua pa, Mahkamah agung, , Pengadilan agama, , Waka pa

 

 

Tinggalkan Komentar

 

 

 

Statistik Pengunjung

3 4 9 8 6
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Kemarin
Bulan Ini
Bulan Kemarin
Total
42
123
34986
0
1906
0
34986
IP Anda : 54.242.115.30
2018-01-17 04:04