Dirjen Badilag Buka Rakerda PTA Banjarmasin

Banjarmasin | badilag.mahkamahagung.go.id

Bertempat di Aula Gedung Pengadilan Tinggi Agama Banjarmasin Dirjen Badilag Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H., M.H. didampingi Dirbinganis Dr. H. Chandra Boy Seroza, S.Ag., M.Ag. membuka kegiatan Rakerda PTA Banjarmasin, Kamis (28/3).

Kegiatan tersebut diselenggarakan sebagai wujud komitmen bersama yaitu Program Prioritas Ditjen Badilag dan dalam rangka melanjutkan peningkatan kualitas Peradilan agama utamanya yang menyangkut pelayanan pengadilan agama kepada masyarakat pencari keadilan.

Dalam Pembukaannya Dirjen BadilagDr.Drs.H.Aco Nur, S.H., M.H mengingkatkan, sejak tahun 2017 Ditjen Badilag telah melaksanakan dan menerapkan Akreditasi Penjaminan Mutu terhadap 359 Pengadilan Agama/Mahkamah Syar’iyah dan 29 Pengadilan Tinggi Agama/ Mahkamah Syaríyah Aceh di Seluruh Indonesia.

Sehubungan dengan itu perlu dilakukan pemeliharaan, pemantauan, menjaga konsistensi dan mengevaluasi penerapan Sistem Akreditasi Penjaminan Mutu secara bersama-sama bagi warga peradilan agama.

"Dengan kehadiran bapak dan ibu-ibu, Insya Allah membawa berkah dan dapat menambah semangat dalam mendiskusikan, memberikan masukan-masukan hal-hal yang berkaitan program dan kebijakan Mahkamah Agung RI dan Ditjen Badilag," harapnya.

Aco Nur juga menegaskan, dalam pelayanan masyarakat sekarang harus berbasis elektronik. "Pengalihan register dan buku keuangan perkara yang awalnya manual sekarang dilakukan secara elektronik melalui aplikasi, " ujarnya.

Ia menambahkan, terkait Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) harus dilakukan dengan berbagai upaya, seperti penandatangan Pakta Integritas dan semua pihak mulai Pimpinan/Ketua Pengadilan Agama sampai kebawahnya harus mempunyai komitmen yang kuat untuk membangun Zona Integritas ini.

Aco nur menegaskan, para peserta rakerda agar bersedia dan siap untuk membantu dan bersama-sama membahas memikirkan, mengenai pengakomodasian Zona Integritas sesuai Permenpan RB Nomor 52 Tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Dari Korupsi Dan Wilayah Birokrasi Bersih Dan Melayani Di Lingkungan Instansi Pemerintah dan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2015 Tentang Road Map Reformasi Birokrasi 2015-2019 kedalam Pedoman Akreditasi Penjaminan Mutu Peradilan Agama.

Keberhasilan dan kesuksesan dari suatu program ialah salah satunya diakibatkan karena berfungsinya sistem dan pedoman pelaksanaannya. Untuk itu dalam rangka memajukan peradilan agama Ditjen Badilag telah menjalin kerjasama dengan beberapa instansi pemerintahan seperti Kementerian Luar Negeri RI, Kementerian Dalam Negeri, BI (Bank Indonesia), OJK ( Otoritas Jasa Keuangan), TPN2K ( Sekretaris Negara), beberapa negara timur tengah. demi mewujudkan peradilan agama yang modern.

Aco Nur menyampaikan terimakasih kepada warga peradilan agama yang telah turut mendukung kebijakan Ditjen Badilag, sehingga Pimpinan MA yaitu Yang Mulia Ketua MA RI telah memberi aprisiasi terhadap peradilan agama atas penerapan Akreditasi Penjaminan Mutu APM, SIPP, E-COURT, PTSP,WEBSITE. semua ini tidak lepas dari kerja keras dan kebersamaan warga peradilan diseluruh satker dalam menjalankan program kerja Ditjen Badilag.

Dalam paparannya tidak lupa Aco Nur menyampaikan apresiasinya terhadap keluarga besar PTA Banjar masin dan satker diwilayah hukumnya yang setiap hari selalu berbenah diri dan mengalami peningkatan khususnya dalam SIPP yang bisa kita saksikan bersama-sama. ini semua berkat kerja bersama dan ada rasa memiliki peradilan agama. Selain itu Dirbinganis Dr. Chandra Boy Seroza, S.Ag., M.Ag. juga menambahkan dan menyampaikan paparannya sekilas sistem promosi mutasi yang diterapkan Ditjen Badilag harus berdasar prestasi kinerja yang baik. ( Abu J)

 

 

 

Tinggalkan Komentar

 

 

 

Statistik Pengunjung

1 2 1 2 6 4
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Kemarin
Bulan Ini
Bulan Kemarin
Total
146
176
121264
0
12279
12340
121264
IP Anda : 18.207.134.98
2019-10-21 11:11