Jakarta | badilag.mahkamahagung.go.id

Tidak hanya menerbitkan surat edaran, Dirjen Badan Peradilan Agama (Badilag) Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H., M.H. juga menyampaikan langsung hasil inspeksi mendadak (sidak) di wilayah PTA Makassar yang dilakukannya beberapa minggu yang lalu.

Sebelumnya, Dirjen telah mengedarkan surat nomor 0618/DjA/PS.00/II/2019 tentang hasil inspeksi mendadak yang setidaknya memuat 11 poin temuan.

Berdasarkan hasil wawancara langsung di beberapa pengadilan yang disidak, H. Aco Nur menilai bahwa pegawai pengadilan belum memahami kebijakan yang dikeluarkannya. "Kebijakan belum dipahami karena belum membacanya langsung, hanya dapat informasi dari sosialisasi" ungkapnya di hadapan pimpinan PTA/MS Aceh, pimpinan PA Se-Jabodetabek dan PA ibukota propinsi se-Indonesia, Senin sore (25/2/2019) di Lantai 12 Gedung Sekretariat MA, Jakarta.

Masih menurutnya, kalaupun kebijakan itu sudah disosialisasikan dan dipahami, H. Aco Nur menuntut pimpinan pengadilan untuk melakukan evaluasi terhadap keberlangsungan kebijakan itu.

"Setiap kebijakan harus cepat disosialisasikan. Jangan juga setelah sosilisasi ditelantarkan. Harusnya dievaluasi dan dikontrol terus menerus" tambahnya.

Masalah ketidakdisiplinan pegawai juga masih ditemukan. Beberapa pegawai sudah pulang sebelum waktunya. "Dari temuan itu, saya mewajibkan untuk melakukan apel pagi di Hari Senin dan apel sore di Hari Jum'at" tegasnya.

Tentang one day publish dan one day minutation, Dirjen Badilag mencontohkan PA Surabaya yang sudah berhasil menerapkannya. "Saya melihat langsung one day publish & one day minutation, tanpa rekayasa" katanya.

H. Aco Nur juga meminta pimpinan pengadilan untuk terus mengontrol websitenya. Menurutnya, website merupakan salah satu cara untuk memperkenalkan pengadilan ke dunia luar atau instansi yang lain.

Badilag juga sedang mengembangkan beberpa aplikasi yang bersumber dari inovasi pengadilan. "Rencananya akan diluncurkan bulan depan" katanya.

Aplikasi yang dibangun yaitu aplikasi notifikasi perkara, informasi perkara, antrian sidang, aplikasi verifikasi data kemiskinan, e-eksaminasi, aplikasi PNBP ditambah Command Center Badilag. (hirpan hilmi)

 

 

 

Tinggalkan Komentar

 

 

 

Statistik Pengunjung

1 1 5 5 3 7
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Kemarin
Bulan Ini
Bulan Kemarin
Total
22
142
115537
0
10639
12027
115537
IP Anda : 34.237.76.91
2019-09-22 02:26