Lebaran sebentar lagi..
hari yang dinanti-nanti..
makan ketupat, dibelah empat... dst..


Penggalan lagu lebaran di atas, sering terdengar di teling masyarakat Indonesia pada sekitar tahun 90-an. Inti dari lagu itu adalah menggambarkan bagai mana suasan lebaran yang begitu dinanti-nanti oleh semua orang, yang datang hanya satu kali saja dalam satu tahun, dan kedatangannya merupakan akhir dari sebuah perjuangan panjang selama satu bulan penuh di bulan ramadhan. Ummat muslim merayakannya dengan bersilaturahmi ke tetangga, kepada sesama kerabat dan sanak saudara lainnya, setiap pertemuan dirayakan dengan bersama-sama makan ketupat-opor ayam, yang merupakan menu makanan khas lambang sebuah kebersamaan.

Dalam rangka turut serta berbagi kebahagiaan tersebut, Koperasi Al-Hikmah PA Muara Enim berusaha berbagi bingkisan dan uang saku kepada seluruh anggota koperasi. Menurut Ketua Koperasi Al-Hikmah, Nur Said, S.H.I., M.Ag. bahwasanya tahun ini Koperasi membagikan THR (tunjangan hari raya) dalam bentuk barang dan uang, untuk pembagian THR dalam bentuk uang tahun ini alhamdulillah bisa lebih baik dari tahun sebelumnya, sedangkan THR yang dalam bentuk barang, tahun ini Koperasi membagikan sajadah-permadani, sebagai mana sajadah yang biasa dipakai oleh Aladin.

THR bagi anggota Koperasi tersebut diperoleh dari dana kemanfaatan yang diberikan oleh para anggota yang melakukan akad pinjaman kepada koperasi, dana kemanfaatan dari anggota yang meminjam dana ke koperasi itulah yang dikelola oleh pengurus dan kemudian dikonversi menjadi SHU (sisa hasil usaha) dan sebagian dapat dikeluarkan untuk kepentingan sosial, termasuk di dalamnya bingkisan hari raya itu.


Kantin Kejujuran
Sebagai mana yang pernah diberitakan sebelumnya, bahwa sebagai sebuah koperasi yang modern, Koperasi Al-Hikmah PA Muara Enim juga memiliki sebuah unit usaha yang disebut Kantin Kejujuran. Sesuai dengan namanya, Kantin Kejujuran tersebut merupakan unit usaha dagang dengan menjajakan makanan dan minuman ringan yang disediakan bagi pegawai PA Muara Enim secara keseluruhan dan para tamu serta para pencari keadilan dengan prinsip-prinsip Kejujuran. Siapa saja boleh berbelanja di kantion kejujuran, silahkan ambil barang yang anda kehendaki, lihat daftar harga yang sudah terpasang, dan kemudian bayar sendiri dengan meletakkan uang pembelian di tempat yang sudah disediakan, semuanya dijalankan dengan memegang teguh sifat jujur itu sendiri.

Pada hari-hari biasa, di luar bulan ramadhan, Kantin Kejujuran Koperasi Al Hikmah PA Muara Enim sangat efektif dalam membantu memenuhi kebutuhan harian para pencari keadilan, hendak mencari makanan ringan dan minuman kemasan, cukup ambil sendiri dan bayar sendiri, tidak perlu jauh-jauh ke luar kantor. Hal tersebut tentu saja berbanding lurus dengan penghasilan koperasi itu sendiri, penghasilan koperasi dari kantin kejujuran tersebut cukup dapat dirasakan para anggota dengan berbagai kemudahan-kemudahan koperasi dalam hal menalangai kebutuhan darurat keuangan anggotanya. 

 

Kabupaten muara enim, , Pengadilan agama

 

 

Tinggalkan Komentar

 

 

 

Statistik Pengunjung

1 1 5 3 4 1
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Kemarin
Bulan Ini
Bulan Kemarin
Total
184
259
115341
0
10443
12027
115341
IP Anda : 34.231.247.139
2019-09-20 19:20