Dunia hukum terkadang menjadi momok yang menakutkan di kalangan masayarakat pedesaan, seolah-olah berurusan dengan hukum atau dengan pengadilan itu sangat mengerikan, payah dan rumit. Sehingga sering kali masyarakat menghindari berperkara di pengadilan dengan mengabaikan aturan-aturan hukum keperdataan yang sesungguhnya sangat penting bagi masyarakat itu sendiri, karena pada hakikatnya dengan taat hukum, masyarakat akan mendapat jaminan dari hukum itu sendiri.

Kesadaran akan hukum itu tentu saja menjadi tanggung jawab pemerintah, dan dalam hal ini pemerintah daerah sebagai pilar dasar pemerintahan di daerah. Untuk itulah Pemerintah Daerah Kabupaten Muara Enim, selanjutnya disebut Pemda Muara Enim mengagendakan program penyuluhan hukum bagi masyarakat kabupaten Muara Enim. Agar masyarakat mendapatkan informasi yang utuh dan menyeluruh Pemda Muara Enim menggandeng Pengadilan Agama (PA) Muara Enim untuk berperan serta dalam penyelenggaraan agenda penyuluhan hukum Pemda PA Muara Enim tersebut.

foto: Peserta penyuluhuan hukum tampak antusias mengikuti materi yang sedang disampaikan oleh tim penyuluh.

foto: Salah satu peserta penyuluhan hukum saat mengajukan pertanyaan dan meminta penjelasan lebih lanjut kepada tim penyuluhan hukum PA Muara Enim.

PA Muara Enim diminta untuk memberikan penyuluhan hukum yang terkait dengan permasalahan hukum di bidang hukum keluarga, yang terutama sekali terkait dengan permasalahan perkawinan-perceraian, Isbat Nikah, Hak asuh anak, harta bersama, waris, infaq dan shodaqoh, sertya hal-hal lain yang berkaitan dengan kewenangan PA Muara Enim itu sendiri. Atas dasar permintaan dari Pemda Muara Enim tersebut, PA Muara Enim mengirimkan tenaga-tenaga penyuluh untuk terjun ke masyarakat guna memberikan pemahan-pemahan hukum yang sangat diperlukan oleh masyarakat itu sendiri.

foto bersama: Ketua PA Muara Enim Drs. H. Muchlis, S.H.,M.H. bersama Wakil Ketua Drs. Syarkasyi, M.H. dan Bpk. Bakhtiar, S.H.I.,M.H.I. berfoto bersama dengan peserta penyuluhan Hukum di Kecamatan Tanjung Agung.

Sesuai dengan amanah yang diberikan, PA Muara Enim mengirimkan tenaga penyuluh untuk terjun di 3 kecamatan berbeda, hari pertama diterjunkan di Kecamatan Semende Darat Laut, hari kedua di Kecamatan Ujan Mas, dan hari ketiga di Kecamatan Tanjung Agung. Adapaun tenaga-tenaga penyuluh tersebut dipimpin langsung oleh Ketua PA Muara Enim Drs. H. Muchlis, S.H., M.H. dengan anggota Drs. Syarkasyi, M.H. (Wakil Ketua), Bakhtiar, S.H.I., M.H. (hakim), Drs. Baridun, S.H. (hakim), Dodi Alaska Ahmad Syaiful, S.H.I. (hakim), dan Akhyaruddin, Lc. (hakim). Di dalam setiap kegiatan penyuluhan, rombongan didampingi oleh M. Aji Taufan, S.H. (kaur umum), Arman Susanto, S.H.I. (staff dokumentasi) dan M. Taufiq (sopir).

Ketua PA Muara Enim mengkisahkan kepada redaktur pa-muaraenim.go.id bahwa penyuluhan hukum tersebut berjalan lancar, masyarakat sangat antusias dengan diadakannya penyuluhan hukum tersebut, terbukti dari banyaknya peserta yang hadir dan dari pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan oleh para peserta kegiatan. “Alhamdulillah kami sudah menyelesaikan penyuluhan hukum tersebut yang dilaksanakan pada tanggal 5-7 Agustus 2015, mudah-mudahan bermanfaat bagi masyarakat Muara Enim, dan khususnya bagi tenaga penyuluh itu sendiri”, pungkas Pak Ketua.

 

Badilag, Hakim, Kabupaten muara enim, Ketua pa, , Pengadilan agama,

 

 

Tinggalkan Komentar

 

 

 

Statistik Pengunjung

1 1 4 7 6 4
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Kemarin
Bulan Ini
Bulan Kemarin
Total
158
264
114764
0
9866
12027
114764
IP Anda : 35.172.100.232
2019-09-18 11:38