Proses persidangan yang tengah dilakukan di Siberut Utara oleh PA Padang

 

PA Padang-Pengadilan Agama Kelas I A Padang melegalkan pernikahan 201 pasangan suami-istri yang tersebar di lima kecamatan di Kepulauan Siberut, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, yang sebelumnya telah menikah namun belum sah secara hukum positif Indonesia.

PA Padang memberangkatkan lima hakim, Drs. H. Muhammad Taufik, S.H., M.H. (Wakil Ketua PA Padang, Drs. H. Januar, Drs. Jamhur, S.H., M.H.I, Drs. Suhaimi, M.A, dan Drs. H. Yefferson, S.H., M.A. ditambah dengan lima panitera pengganti Azri Hermansyah, S.H., H. Kutung Saraini, S.Ag, Kasman, Asdianto, SH, Aiyub Sami, SH. Beserta lima orang operator.

Legalitas pernikahan itu dibuktikan dengan pemberian buku nikah oleh Kemenag Kepulauan Mentawai, setelah ratusan pasangan tersebut menjalani sidang itsbat nikah terpadu 2018 yang digelar Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Baznas Semen Padang pada 26-27 April 2018 kemarin.

Tak hanya buku nikah, bahkan ratusan pasangan suami-istri di "Tanah Sikerei" itu juga diberikan KTP-el, Kartu Keluarga dan Akte Kelahiran, karena sidang itsbat nikah terpadu itu juga melibatkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kepulauan Mentawai

Kepala Kemenag Kabupaten Kepulauan Mentawai Masdan mengatakan, dengan adanya sidang istbat nikah ini, maka anak-anak dari pasangan suami-istri yang sebelumnya menikah secara siri, kini bukan lagi menjadi anak seorang ibu, tapi juga menjadi anak seorang ayah.

"Kemarin anak-anak mereka adalah anak seorang ibu, karena buku nikah orang tuanya gak ada. Sekarang sudah menjadi anak seorang ayah," kata Masdan disela-sela sidang itsbat nikah massal terpadu 2018 yang digelar di Masjid Alfalah, Jalan Raya Sikabaluan-Pokai, Siberut Utara.

Sidang itsbat nikah massal itu sendiri dibuka Rabu malam oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Provinsi Sumatera Barat, Hasan Basri. Dalam pembukaan tersebut, turut hadir Kepala Divisi Pengembangan Unit Pengumpul Zakat Nasional Baznas Pusat, Faisal Qolsim LC, dan Ketua UPZ Baznas Semen Padang, Oktoweri.

Kemudian, juga hadir sejumlah pejabat Pengadilan Agama Kelas I A Padang, sejumlah Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai, Camat Siberut Utara, Agustinus Sabebegan, dan sejumlah perwakilan dari pasangan suami-istri peserta sidang itsbat nikah. (Ababil/Fordilag PA Padang)

 

 

 

Tinggalkan Komentar

 

 

 

Statistik Pengunjung

1 2 5 9 5 0
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Kemarin
Bulan Ini
Bulan Kemarin
Total
69
224
125950
0
8840
14766
125950
IP Anda : 100.25.43.188
2019-11-12 06:01