badilag.net | pa-muaraenim.net.

Selasa, (5/10), Ketua PA Muara Enim (Dra. Hj. Nurlaila Thoib, S.H.) dan Wakil Ketua (Drs. H. Abd. Jabbar HMD, SH.) serta Panitera/Sekretaris (Drs. Lukmanto) memulai menata kembali pelayanan di Pengadilan Agama Muara Enim. Pelayanan dilaksanakan melalui satu pintu pelayanan yaitu dengan menunjuk petugas informasi perkara, pendaftaran perkara, meja 1, meja 2, meja 3, dan kasir serta memfungsikan ruangan mediasi yang berada di lantai 2 kantor baru Pengadilan Agama Muara Enim. Hal ini dilakukan untuk menindaklanjuti Surat Edaran Mahkamah Agung RI Nomor 6 Tahun 2010 tentang Instruksi Implementasi Keterbukaan Informasi di Peradilan. Untuk itu KPA Muara Enim telah melakukan sosialisasi Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan SK KMA No. 144/2007 tentang Keterbukaan Informasi di Pengadilan.

 

Dalam kesempatan pembukaan sosialisasi ini hadir unsur Pimpinan, para Hakim, Panitera/Sekretaris, pejabat Fungsional dan Struktural serta para petugas pelayanan terpadu Pengadilan Agama Muara Enim. Sosialisasi ini langsung disaksikan oleh masyarakat pencari keadilan dan melihat langsung tempat dan para petugas pelayanan.

Humas PA Muara Enim (Drs. Nusirwan, SH., M.H.) memberikan penjelasan dan  informasi di ruangan Pelayanan Terpadu PA Muara Enim
 

Beberapa waktu lalu KPA Muara Enim juga telah melakukan sosialisasi tentang pelayanan-pelayanan yang ada di Pengadilan Agama Muara Enim. Hal ini dapat dilihat pesan-pesan moral yang ada pada banner yang dipasang sekitar ruangan pelayanan terpadu Pengadilan Agama Muara Enim dan pada layar datar/LCD dengan tema "Selamat Datang Pelayanan Terpadu Pengadilan Agama Muara Enim".
Informasi pelayanan lainnya dapat dilihat pada slide layar datar berupa tampilan :
1. Ruang Lingkup Tugas dan Wewenang PA Muara Enim
2. Informasi Pelayanan
a. Asas Pelayanan
Asas pelayanan dilihat dari ketentuan pasal 57 ayat (3) Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1989 menyatakan: "Peradilan dilakukan dengan sederhana cepat dan biaya ringan".
b. Bentuk dan Kriteria Pelayanan

 

Bentuk dan kriteria pelayanan sengaja dibuat dengan huruf besar dan berwarna merah, menandakan larangan bagi petugas peradilan untuk berbuat yang macam-macam atau memberi warning kepada para pencari keadilan untuk tidak berurusan selain dengan petugas pelayanan yang telah ditunjuk. Adapun bentuk peringatan tersebut antara lain berbunyi :
"Tidak memberikan sesuatu dalam bentuk apapun kepada petugas atau yang mengaku petugas".
"Berperkaralah dengan tidak melalui perantara yang tidak bertanggungjawab/calo/seseorang yang mengaku mempunyai hubungan dengan pegawai/petugas terkecuali melalui kuasa resmi/advokat".
"Diharapkan membayar sendiri panjar biaya perkara lewat Bank BRI".
"Jika anda dipersulit supaya melapor kepada Ketua Pengadilan Agama Muara Enim melalui sms/kotak saran"

c. Petugas dan Tata Cara Pelayanan. (Dm/Mr.Kswi)

 

 

 

Tinggalkan Komentar

 

 

 

Statistik Pengunjung

1 0 3 5 9 3
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Kemarin
Bulan Ini
Bulan Kemarin
Total
117
177
103593
0
10198
10925
103593
IP Anda : 35.171.183.163
2019-07-20 16:22