Jakarta | badilag.mahkamahagung.go.id

Hari ke 4 kunjungannya atau sehari setelah menghadiri laporan tahunan MA, delegasi MA Bahrain melakukan kunjungan ke gedung Mahkamah Agung (MA).

Delegasi diterima Ketua MA Prof.Dr. H.Hatta Ali, S.H.,MH, Kamis (28/2), di gedung tower MA, lantai 13, Jakarta Pusat.

Wakil ketua MA Bidang Yudisial dan Wakil Ketua Bidang Non Yudisial, para Ketua Kamar, para Hakim Agung, sekretaris MA serta Dirjen Badilag ikut mendampingi dalam penerimaan delegasi.

Hatta Ali sangat berterima kasih karena delegasi MA Kerjaan Bahrain bersedia memenuhi undangannya. "Saya berterima kasih telah hadir dalam laporan tahunan MA," ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Hatta Ali juga menjelaskan tentang jumlah pengadilan tingkat pertama dan pengadilan tingkat banding serta jumlah hakim dan hakim Agung.

"Indonesia adalah negara kepulauan, jadi pengadilan-pengadilan ini tersebar diseluruh wilayah Indonesia," ia menjelaskan.

Sementara ketua delegasi MA Kerajaan Bahrain Muhammad Hasan Al Bu'ainain mengucapkan terima kasih atas perhatian dan undangan ketua MA. "Saya sangat terkesan dengan laporan tahunan MA," ujar Muhammad Hasan yang dalam kunjungan ini membawa serta Ali Ahmad Al Ka'bi, Isa Sami Al Mannai, Al Sayyid Hasan Salman.

Hatta Ali berharap Indonesia dan Kerajaan Bahrain meningkatkan kerjasama, terutama dibidang peradilan dan pemerintahan.

"Saya kagum dengan teknologi di pengadilan kerajaan Bahrain. Masyarakatnya juga sangat ramah dan kota Bahrain sangat Indah," ujar Hatta Ali, ketika menceritakan kunjungannya ke kerajaan Bahrain beberapa waktu lalu.

Diakhir pertemuan, Hatta Ali menyerahkan cindera mata kepada delegasi Kerajaan Bahrain. "Sampaikan salam saya kepada Ketua MA Kerajaan Bahrain," pungkasnya.

Usai pertemuan, delegasi juga menyempatkan diri mengunjungi masjid Al Mahkamah MA.

Kunjungi PA Jakarta Barat dan PTA Jakarta

Selain mengunjungi gedung MA, delegasi MA Kerajaan Bahrain juga mengunjungi PA Jakarta Barat, Selasa (26/2). Tiba sekitar pukul 11.00 WIB, delegasi diterima Wakil Ketua PA Jakarta Barat Dr. H. Amam Fakhrur, Panitera, sekretaris serta beberapa hakim di ruang rapat pimpinan.

Didampingi Direkur Pembinaan Teknis Ditjen Badilag Dr. Candra Boy, S.Ag., M.Ag, delegasi mendapat penjelasan tentang fasilitas dan pelayanan di PA Barat.

Usah pertemuan delegasi berkesempatan melihat-lihat fasilitas dan sistem pelayanan. Mereka diajak untuk meninjau PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu), SIPP ( Sistem Informasi Penelusuran Perkara ), sistem antrian layanan, pelayanan e-court, ruang sidang dan ruang mediasi.

Bahkan mereka berkesempatan melihat langsung Aparatur PA Jakarta Barat memberikan pelayanan kepada para pencari keadilan. Wakil Ketua PA Jakarta Barat juga menyerahkan cendera mata kepada delegasi MA Kerajaan Bahrain.

Setelah mengunjungi PA Jakarta Barat, delegasi langsung menuju PTA Jakarta. Mereka diterima Wakil Ketua PTA Jakarta Dr. Djazimah Muqoddas, S.H., M. Hum, Panitera, Sekretaris dan beberapa Hakim Tinggi.

Sama seperti di PA Jakarta Barat, delegasi mendapat penjelasan tentang fasilitas dan tupoksi PTA Jakarta. Djazimah juga menjelaskan jumlah pegawai termasuk Hakim Tinggi di PTA Jakarta. Dalam kesempatan itu, dibahas juga tentang penerapan hukum antara kedua, seperti proses banding dan batas waktu penyelesaian perkara pada tingkat banding.

Delegasi juga sempat melihat ruang pertemuan, ruang sidang, perpustaakaan, ruang hakim, ruang mediasi dan ruang panitera  yang ada di PTA Jakarta.

Setelah mendengar dan melihat langsung, mereka sangat terkesan dengan fasilitas dan pelayanan di PA Jakarta Barat dan PTA Jakarta.

Kedatangan di Jakarta

Delegasi MA kerajaan Bahrain tiba di Jakarta, Senin (25/2). Mereka tiba di bandara Soekarno Hatta sekitar pukul 14.00 WIB.

Delegasi kerajaan Bahrain yang kedatangannya berbarengan dengan delegasi Sudan ini diterima oleh Tuada Kamar Agama MA Dr. Amran Suadi, S.H., M.Hum., M.M. "Selamat datang di Indonesai," ujarnya.

Ketika menerima delegasi, Amran Suadi didampingi Hakim Agung Agama Dr. H. Purwosusilo, S.H., M.H dan Dr. H. Yasardin, S.H., M.Hum, Ketua PTA Jakarta Drs. H. M. Yamin Awie, S.H., M.H, Ketua PTA Banten Dr. H. Muhammad Shaleh, S.H., M.Hum, Ketua PA Tangerang Dr. Ahmad Mujahidin, S.H., M.H.

Sementara Delegasi Kerajaan Bahrain yang dipimpin Muhammad Hasan al-Bu’ainain (Hakim Agung/Ketua Bidang Pengawasan) berjumlah 4 orang. Muhammad Hasan Al Bu'ainain turut membawa Ali Ahmad al-Ka’bi (Hakim Tinggi Pidana/Sekjen Dewan Peradilan Agung), ‘Isa Sami al-Manna’i (Hakim Perdata pada Mahkamah Kubra) dan al-Sayyid Hasan Sulaiman (Pejabat Struktural pada Dewan Peradilan Agung). Mereka terkesan dengan penyambutan yang ramah dan hangat ini.

Kedatangan delegasi ini untuk menghadiri laporan tahunan Mahkamah Agung (MA) yang dilaksanakan di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta, Rabu (27/2).

(Ridwan Anwar | Hirpan Hilmi)

 

 

 

Tinggalkan Komentar

 

 

 

Statistik Pengunjung

1 0 9 4 0 1
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Kemarin
Bulan Ini
Bulan Kemarin
Total
151
213
109401
0
10481
12058
109401
IP Anda : 3.226.251.81
2019-08-23 20:15