Kendal | Badilag.net

Memasuki pusat pelayanan dan informasi PA Kendal serasa memasuki sebuah bank yang bonafit. Itulah kesan melekat. Petugas dengan busana elok dan rapi menyambut para tamu dan pencari keadilan dengan senyum ramah.

Dalam meningkatkan pelayan kepada masyarakat pencari keadilan PA Kendal menerapkan pelayanan pendaftaran perkara dengan sistem satu pintu.Petugas bank dan petugas kantor pos berada di meja pelayanan.Para pendaftar tidak perlu keluar dari kantor untuk setor biaya panjar perkara ke bank dan nazegelen di kantor pos, termasuk pelayanan foto kopi dokumen dengan cuma-cuma (dibebaskan dari biaya).

“Pelayanan pendaftaran satu pintu dimaksudkan untuk memberikan kemudahan kepada pencari keadilan tanpa menyita banyak waktu dan tenaga. Seluruh proses pendaftaran perkara  dapat dilaksanakan di satu area dalam waktu yang singkat,” papar Dudung, Wakil Ketua PA Kendal pada acara peluncuran pelayan satu pintu, Jum’at 27 Maret 2015 .

Sementara itu, Ketua PTA Semarang, Drs. H. Mansur Nasir, S.H., M.H.  mengingatkan kepada seluruh jajaran PA kendal  agar meningkatkan disiplin dan etos kerja serta menjaga kekompakan dan kebersamaan untuk mewujudkan pelayanan prima kepada masyarakat.

Untuk menambah kenyamanan  para pihak yang berperkara, PA Kendal menyediakan beberapa fasilitas pendukung antara lain:

  • Ruang laktasi  yang dilengkapi dengan tempat tidur bayi. Ruangan yang representatif bagi para ibu yang membutuhkan area privasi  dan memberikan tempat tidur untuk anak.

  • Disamping ruang laktasi  disediakan pula area bermain anak yang dilengkapi  beberapa mainan untuk menambah kenyamanan  bagi balita.

  • Fasilitas lain yaitu ruang kesehatan yang dilengkapi dengan beberapa obat-obatan untuk pertolongan pertama dan bangsal pasien.

  • PA kendal juga menyediakan tempat untuk mengisi baterai telepon seluler (charger umum) secara  gratis. Fasilitas ini banyak diminati oleh pencari keadilan sambil menunggu antrian sidang.

  • Setiap pencari keadilan yan memasuki ruang sidang  tidak diijinkan membawa barang barang. Sebagai konsekuensinya, PA Kendal menyediakan tempat penitipan barang. 
  • Untuk mengurangi rasa jenuh saat antrian, PA Kendal menyediakan permen dan minuman gratis yang tersedia diatas meja layanan.

 

Capaian yang raih PA Kendal dalam meningkat pelayanan publik patut diacungi jempol. Meskipun demikian PA Kendal masih belum puas dengan hasil ini. Panitera/Sekretaris PA Kendal, Edy Iskandar berjanji  dalam waktu dekat akan melengkapi layanan publik dengan fasilitas lainnya.

[tohir]

 

Badilag, Ketua pa, Mahkamah agung, Nasional, , Pengadilan agama

 

 

Tinggalkan Komentar

 

 

 

Statistik Pengunjung

4 9 2 9 2
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Kemarin
Bulan Ini
Bulan Kemarin
Total
125
173
49292
0
6902
7805
49292
IP Anda : 54.81.232.54
2018-05-25 16:29